E-Learning Sebagai Metode Pembelajaran Yang Efisien

E-Learning Sebagai Metode Pembelajaran Yang Efisien

Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu tentang pembelajaran menggunakan metode E-learning. Dan ada juga yang belum tahu apa E-learning ini. Berikut ini saya ada memberikan apa itu e-learning dan seperti apa metode nya.

E-Learning atau singkatan dari Elektronik Learning adalah sebuah bentuk teknologi informasi untuk dunia pendidikan yang di akses melalui website di mana saja. Pembelajaran E-learning adalah hasil perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi. Ada nya e-learning ini para murid bisa mengakses nya melalui internet dan para guru tidak perlu repot – repot untuk menjelaskan secara rinci.

Keuntungan Memanfaatkan Metode E-Learning

Karna materi dapat di taruh di dalam e-learning dan guru bisa meletakkan modul yang dapat di unduh oleh para murid. Jadi dengan metode e-learning ini dapat mempersingkat waktu pembelajaran. Namun walaupun di gunakan untuk mempersingkat waktu pembelajaran e-learning juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sama perkembangan game betting Situs Slot Pragmatic Play Demo yang semakin mudah, berikut kelebihan dari metode e-learning:

  1. Waktu Belajar Fleksibel

Kebanyakan orang tidak memiliki waktu yang banyak untuk belajar dikarenakan kesibukan yang di alami. Nah salah satu kelebihan e-laeaning ini dapat membuat waktu belajar menjadi lebih fleksibel, karena dapat dilakukan kapan saja untuk belajar di setiap waktu yang kalian miliki.

  1. Dapat Diakses Dengan Mudah

E-learning juga dapat diakses dengan sangat mudah, tidak perlu berada di lingkungan sekolah atau kampus e-learning juga dapat di akses ketika kamu berada di rumah. Maka dari itu kelebihan e-learning adalah mudah nya diakses dimana saja.

  1. Wawasan Yang Luas

E-learning juga memberikan wawasan yang cukup luas, Karena materi dari pembelajaran e-learning banyak yang belum tersedia di dalam buku pembelajaran. Berbeda dengan pembelajaran melalui tatap muka yang dilakukan dengan membaca buku.

  1. Biaya lebih terjangkau

Pembelajaran dengan metode ini juga memliki biaya yang sangat terjangkau, Pastinya setiap orang mempunyai paket internet. Kalian langsung bisa mengakses dengan menggunaka smartphone yang kalian punya dimana pun kalian berada. Hal ini juga mampu membuat anak terpikirkan untuk bisa menggunakan kartu debet dengan pintar.

E-Learning Sebagai Metode Pembelajaran Yang Efisien

Kekurangan E-Learning

  1. Berkurangnya Interaksi Dengan Pengajar

Beberapa metode pembelajaran e-learning bersifat satu arah. Maka dari itu pembelajaran ini sulit untuk berinteraksi antara siswa dengan pengajar. Jadi kalo siswa ada kesulitan terkait materi akan sangat susah untuk di jelaskan olehe pengajar.

  1. Keterbatasan Akses Internet

Jika anda berada di daerah yang tidak mendapatkan jangkauan internet stabil, maka akan sulit bagi Anda untuk mengakses layanan e-learning. Tetunya hal ini masih banyak terjadi di Indonesia, Karena masih banyak tempat yang sulit untuk mendapatkan sinyal internet.

  1. Minimnya Pengawasan Dalam Belajar

Jika e-learning digunakan untuk ujian maka sangat kurang tepat, karena minimnya tingkat pengawasan yang di berikan. Sehingga kemungkinan besar para murid akan saling bekerja sama satu sama lainnya. Tergantung dari pemahaman para murid itu sendiri apakah meraka harus melakukan kecurangan atau tidak.

  1. Pemahaman Terhadap Materi

Materi yang diberikan oleh pengajar mungkin akan direspon oleh tingkat pemhaman yang berbeda – beda. Karna setiap pemikiran murid pasati berbeda – beda ada yang cepat memahami materi dari hanya membaca ada juga yang harus di jelaskan dulu baru bisa menangkap materi tersebut.

Mungkin bagi sebagain orang e-learning menjadi pelihan yang tepat untuk dijadikan metode pembelajaran tapi ada juga sebagian orang yang tidak dapat memahami dengan metode pembelajaran ini karna dianggap kurang mendapat pemahaman yang tepat untuk metode belajar seperti ini. Semua tergantung dari pemahamannya masing – masing.

Tinggalkan Balasan